Cara Menggoreng Kopi Campur Beras

Cara Menggoreng Kopi Campur Beras

Kopi menjadi bahan yang disukai oleh hampir semua orang di dunia. Menikmati kopi ada banyak sekali caranya. Mulai dari cara penyeduhannya menjadi minuman yang lezat hingga cara membuatnya menjadi kopi yang harum dan wangi seperti cara menggoreng kopi campur beras ini.

Jika Anda merupakan penggemar kopi, cobalah untuk menyangrai kopi sendiri di rumah dengan menggoreng kopi campur beras. Kopi yang disangrai sendiri akan memiliki rasa yang khas dengan begitu aroma kopi akan menggugah selera Anda. Apalagi jika Anda juga menambahkan beberapa campuran saat menggorengnya.

Menghasilkan kopi yang nikmat serta enak pasti akan melalui proses menyangrai yang cukup sulit. Biasanya proses menyangrai ini akan memiliki pengaruh yang signifikan. Jika Anda asal-asalan dalan membuatnya atau tanpa aturan, kopi Anda tidak akan senikmat kopi café pada umumnua. Ada baiknya Anda harus memahami cara menggoreng kopi campur beras ini.

Anda menyangrai dengan cara menggoreng kopi campur beras dengan menggunakan kompor gas, mengatur api agar tetap stabil bukan hal yang sulit. Tapi, jika Anda menggunakan alat tradisional seperti tungku, sebainya Anda harus pastikkan memiliki banyak stok kayu bakar.

Kebanyakan orang sering menambahkan beras untuk menggoreng kopi. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar kopi yang mereka inginkan bisa lebih harum dari kopi pada umumnya. Jadi, kopi Anda siap untuk di bawa naik gunung atau hanya sekadar menikmati rintikan hujan di rumah.

Selain itu, juga ada keuntungan tersendiri untuk pedagang kopi bila menggunakan cara menggoreng kopi campur beras. Karena bila kopi digoreng dengan campuran beras hasil kopinya akan semakin banyak dan penjual juga akan semakin untung.

Cara Menggoreng Kopi Campur Beras

Cara yang pertama, Anda harus memastikan api yang ada di tungku dalam keadaan stabil, tidak boleh redup. Apabila api meredup disarankan untuk menambahkan kayu bakar di tempat perapian tungku. Usahakan api jangan sampai meredup karena bisa membuat kopi tidak matang secara merata.

Cara yang kedua, campurkan beras saat menggoreng kopi. Hal ini harus dilakukan untuk menghindari kopi gosong. Selai itu, menggoreng dengan menggunakan campuran membut aroma kopi jauh lebih harum dan enak.

Cara yang ketiga, biji kopi yang sudah beradaa di wajan harus terus diaduk sampai matang, karena kalau hanya didiamkan sampai selesai, biji kopi yang ada di dalam wajan matangnya tidak akan merata alias setengah matang saja.

Cara yang keempat. Setelah menggoreng sekitar 1 jam sampai 1,5 jam harus segara diangkat, karena bila lebih dari 1,5 jam, biji kopi akan terlalu matang, sedangkan kurang dari 1 jam biji akan terlihat belum matang.

Setelah memahami cara menggoreng kopi campur beras, Anda juga harus memahami campuran untuk kopi yang pas.
Bahan Tambahan untuk Menggoreng Kopi Campur Beras.

Kayu Manis

Bahan pertama setelah Anda menggoreng kopi campur beras yaitu ada kayu manis. Kayu manis ini tak hanya memberikan rasa yang khas untuk kopi, tetapi juga memberikan aroma wangi yang khas untuk kopi Anda.

Biji Kakao

Bahan kedua untuk campuran menggoreng kopi campur beras yaitu biji kakao. Biji ini bermanfaat untuk membuat kopi Terasa lebih nikmat dan sedap, lebih gurih dan wanginya Terasa lebih pekat. Kandungan nutrisi dengan campuran kopi dan beras juga akan membuatnya lebih rilesk.

Santan Kelapa

Bahan ketiga untuk campuran menggreng kopi campur beras yaitu santan kelapa yang bermanfaat untuk memberikan cita rasa khas dan juga aroma wangi yang enak.

Kapulaga

Bahan terakhir untuk campuran menggoreng kopi campur beras yaitu kapulaga yang bermanfaat sebagai campuran saja. Kapulaga ini dipercaya akan membantu mentralisir kandungan kafein dalam kopi yang sudah digoreng menggunakan beras.

Kemudian setelah Anda mengetahui cara menggoreng kopi campur beras dan tambahan bahan tradisional lainnya, sekarang Anda juga harus memahami cara membuat kopi bubuk sendiri.

Pilih biji kopi yang bagus, kemudian keringkan di bawah sinar matahari langsung. Setelah kering, waktunya menggoreng kopi campur beras sampai warnanya kecoklatan. Kemudian, biji kopi bisa langsung digiling atau ditumbuk sampai halus menjadi bubuk kopi.

Bubuk kopi siap untuk diseduh menjadi minuman kopi spesial hasil dari menggoreng kopi campur beras. Bubuk kopi sebaiknya disimpan di toples yang bersih, rapat, tidak lembab, dan juga tidak terkena sinar matahari langsung.

Jika bubuk kopi sudah tersedia bisa Anda jadikan racikan minuman kopi yang nikmat dan harum. Itulah hasil dari menggoreng kopi campur beras lalu menghasilkan bubuk kopi spesial yang akan siap untuk diseduh.

Itulah beberapa cara menggoreng kopi campur beras dan tambahan bahan lain yang cocok menjadi teman sangria kopi.