Cara Membuat Kopi Espresso

Cara Membuat Kopi Espresso

Kopi espresso bagi para pecinta kopi tentu sudah tidak asing. Tetapi, sangat disayangkan tidak semua orang bisa menghasilkan minuman harum satu ini. Karena, pada dasarnya dibutuhkan mesin untuk membuat kopi espresso ini agar kopi bisa buat secara sempurna dan menghasilkan kopi ekspresso yang diinginkan.

Terbukti secara nyata bahwa kopi espresso yang nikmat bisa membangkitkan semangat kita. Untuk mendapatkan kopi espresso yang diinginkan, Anda juga bisa membuatnya di rumah tanpa mesin kopi atau alat pembantu lainnya.

Berikut cara membuat kopi espresso secara manual tanpa bantuan mesin.

Gunakan Teknik French press

Cara membuat kopi espresso dengan Teknik French press ini kerap menjadi andalan para pecinta kopi yang harus dan nikmat untuk dicoba. Dengan cara seperti ini kopi yang dihasilkan tidak terlalu pekat dan kental tetapi bisa dibilang cara ini efektif untuk membuat kopi espresso terasa nikmat di rumah.

Cara pertama yang harus dilakukan untuk membuat kopi espresso dengan menggunakan Teknik French press adalah dengan menggiling biji kopi hingga halus. Selanjutnya tempatkan bubuk kopi ke dalam alat French press. Lalu rebus air dan tuang sedikit dalam gelas French press dan diamkan selama beberapa menit sampai bubuk kopi ini bisa berinteraksi sepenuhnya.

Setelah itu, tuangkan sisa air dan tunggu lagi hingga kurang lebih empat menit. Kemudian takar gelas French press dengan kuat secara perlahan agar tidak berantakkan. Setelah itu, tuangkan kopi espresso ke dalam cangkir. Kopi sudah bisa langsung dinikmati atau bisa dicampur dengan susu, cokelat, atau krimmer.

Aeropress

Cara membuat kopi espresso dengan menggunakan alat Aeropress. Sebenarnya cara ini hampir mirip dengan cara French press, hanya saja dalam cara ini kopi yang akan dihasilkan jauh lebih pekat dan harum.

Alat Aeroprees ini memiliki bentuk silinder dengan filter pada bagian dasarnya. Kopi espresso yang telah digiling nanti bisa diletakkan di bagian bawah alat, kemudian tuangkan secukupnya air panas, dan diamkan sebentar sebelum Anda menekan bagian tuas pada alat aeropress ini untuk menyaring ampas kopi.

Agar cara ini bisa maksimal, Anda bisa gunakan air dengan suhu 85-96 derajat Celsius dan diamkan selama 30 detik sebelum menekan tuas pada alat aeroprees. Setelah itu, kopi sudah siap untuk dinikmati atau bisa dijadikan olahan lainnya dengan tambahan susu, cokelat, atau krimer.

Moka Pot

Cara membuat kopi espresso dengan moka pot. Dengan cara seperti ini akan menghasilkan wangi kopi lebih kuat dan aromanya juga semakin nikmat. Namun, cara moka pot ini membutuhkan waktu yang lebih lama dari cara lainnya.

Cara membuat kopi espresso dengan moka pot ini dapat menjadi beberapa ukuran, biasanya untuk ukurannya bisa satu hingga lima cangkir kopi. Cara yang perlu Anda lakukan dalam membuat kopi espresso menggunakan cara moka pot adalah dengan menyiapkan secukupnya air panas dengan takaran yang sudah tersedia pada moka pot ini.

Setelah itu, Anda bisa masukkan bubuk kopi espresso ke dalam alat saringan yang sudah tersedia pada moka pot ini. Kemudian panaskan moka pot di atas kompor menggunakan api kecil. Diamkan beberapa saat sampai terdengar bunyi mendesis pada potnya.

Kopi espresso bisa langsung diangkat dan dituangkan ke dalam cangkir. Rasa dan aroma kopi espresso yang dibuat dengan moka pot rasanya lebih kuat dan beraroma lebih harum daripada kopi lain.

Rok Presso

Cara membuat kopi espresso dengan menggunakan rok presso dengan memanfaatkan kopi espresso manual. Sebelum menggunakan rok presso ini hanya dengan menyebutnya presso. Proses ini mengembangkan yang kokoh dengan membuat alat yang biasa dikenal dengan rok presso.

Langkah awal dengan cara membuat kopi espresso dengan rok presso adalah dengan memasukkan bubuk kopi yang sudah digiling dengan halus ke dalam PortaFilter dan padatkan dengan Temper Spoon. Setelah itu, lanjutkan dengan mengisi air panas secukupnya ke tempatnya dalam proses lengan yang tertutup.

Kemudian tarik kedua lengan rok presso ke atas secara perlahan dan air yang akan membasahi permukaan bubuk kopi. Selanjutnya, tekan kedua lengan ke bawah dalam satu gerakan saja secara seimbang. Setelah mentok, tahan posisi hingga kopi espresso mengalir ke gelas.

Itulah beberapa informasi mengenai cara membuat kopi espresso tanpa menggunakan mesin. Cara French press, Aeropress, dan Moka pot dapat membantu Anda membuat kopi espresso dengan cara manual atau tanpa mesin. Dengan cara seperti ini maka coffee maker NESCAFE Dolce Gusto akan jauh lebih mudah atau bisa dibilang praktis.

Kesimpulan

Untuk membuat kopi espresso yang nikmat dan wanginya harum, Anda memerlukan beberapa peralatan yang tepat untuk membuatnya dan sebaiknya Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran yang ada, dan jangan lupa pula untuk kalibrasi kopi. Apa itu kalibrasi kopi? kalibrasi kopi adalah teknik yang digunakan barista untuk mengukur tingkat rasa kopi agar lebih nikmat ketika dihidangkan.