Cara Membedakan Kopi Luwak Asli dan Palsu

Cara Membedakan Kopi Luwak Asli dan Palsu

Kopi luwak asli merupakan sebuah kopi yang harganya sangat mahal dan juga jumlah permintaanya tinggi cukup tinggi dikalangan orang dewasa. Banyak sekali pabrik bisnis kopi yang sudah mulai salah kaprah dengan membuat kopi luwak palsu. Kopi arabika yang biasanya diolah dengan tahap tanpa fermentasi sekarang dipromosikan sebagai kopi luwak asli untuk dijual dengan harga mahal agar mendapat keuntungan lebih banyak.

Padahal kopi luwak asli yang dijalankan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terlihat dari tajianya yang lebih tajam. Ini dapat dilihat dari data yang diperoleh bahwa saat ini 30% produk kopi luwak yang dijual belikan di Indonesia adalah palsu, 15% produk kopi luwak yang dicampur dengan kopi biasa, dan 55% sisanya baru kopi luwak yang asli.

Agar terhindar dari kerugian akibat membeli kopi luwak asli tapi nyatanya palsu, Anda bisa membaca cara membedakan kopi luwak asli dan palsu pada tulisan di bawah ini. Berikut tips yang harus Anda baca.

Aroma

Cara membedakan kopi luwak asli dan palsu adalah dengan membedakan aroma kopi. Dari keduanya paling bisa dilihat dari segi aroma kopi. Aroma yang dimiliki kopi luwak asli pada umumnya wangi kopinya lebih kuat dibanding dengan kopi biasa baik yang masih dalam tahap pengolahan atau kopi yang sudah siap diseduh.

Kopi luwak asli saat dirasakan mampu mengeluarkan aroma wangi pandan dan baunya mampu menyebar dengan jangkauan luas. Sementara kopi biasa dapat mengeluarkan bau apek dan saat dirasakan bau wanginya tidak bisa menyebar dengan jarak jauh atau kira-kira hanya sampai 10-20 meter saja.

Wajib Anda ketahui untuk produsen kopi luwak asli yang sudah tersertifiksi sebelum produknya dikemas terlebih dahulu harus ditest dari tingkat kewangiannya melalui test after nose.

Rasanya

Cara membedakan kopi luwak asli dan palsu dapat diteliti dengan merasakannya. Kopi luwak asli akan memiliki rasa yang begitu kuat dan saking kuatnya rasa ini akan tertinggal di tenggorokan Anda selama kurang lebih 30 menit setelah meminum kopi luwak ini.

Berbeda dengan kopi luwak palsu akan memiliki rasa yang sangat lemah. Rasanya kopi luwak palsu ini tidak akan bertahan lama dalam tenggorokan atau lidah saat meminumnya.

Cara membedakan kopi luwak asli dan palsu bisa dirasakan setelah meminumnya. Karena setelah Anda meminum kopi luwak palsu biasanya akan merasakan sering keluar masuk kamar mandi untuk buang air kecil maupun buang air besar. Selain itu, biasanya seseorang yang telah meminum kopi luwak palsu biasanya penderita magh akan merasakan perih di lambung saat meminumnya tidak seperti mengkonsumsi kopi luwak yang asli.

Bedakan Dari Seduhannya

Cara membedakan kopi luwak asli dan palsu setelah menyeduhnya. Kopi luwak asli biasanya akan mengeluarkan krim putih pada bagian permukaaan meski tanpa bahan tambahan. Krim putih ini pada permukaan kopi luwak asli bentuknya mirip seperti krim kopi espresso pada umumnya, meskipun dengan jumlah yang lebih sedikit dari kopi espresso.

Krim yang keluar dari kopi luwak asli muncul karena saat digrinder biji kopi sering masih berada dalam kulit arinya. Kulit ari ini yang menyebabkan kopi luwak asli mengeluarkan krim saat diseduh.

Bedakan Dari Green Bean-Nya

Cara membedakan kopi luwak asli dan palsu dapat dilihat dengan mengamati penampilan fisik bijinya. Green bean kopi luwak asli akan berwarna hijau agak kekuning-kuningan sedangkan kopi luwak biasa atau palsu akan berwarna hijau tua.

Selain itu, cara membedakan kopi luwak asli biasanya dapat dilihat dari tampilan mikro black spot atau terdapat bintikan hitam kecil jika dilihat menggunakan kaca pembesar. Kopi luwak asli tidak akan memiliki black spot karena ini merupakan kopi pilihan terbaik yang sudah diseleksi oleh agen luwak atau agen aslinya.

Harganya

Cara membedakan kopi luwak asli dan palsu dapat dilihat dari segi harga. Kalau ada kopi luwak yang dijual dengan harga murah, maka dapat dipastikan bahwa kopi luwak tersebut bukan kopi luwak asli. Kopi luwak asli akan dijual dengan harga sekitar 100 sampai 200 ribuan untuk tiap 100 gramnya.

Jadi kalau ada yang menjual kopi luwak dengan harga seribuan untuk satu sachet kopi luwak, maka tidak mungkin bahwa kopi tersebut adalah kopi luwak asli.

Bentuknya

Cara membedakan kopi luwak asli dan palsu yaitu dengan melihat bentuknya. Bentuk kopi luwak asli berbeda dengan kopi luwak palsu. Terutama ketika masih dalam bentuk biji, kopi luwak tentu akan memiliki warna kehijauan dengan ukuran yang seragam. Tidak aka nada biji luwak yang berlubang. Selain itu, ketika dimasukkan ke air, biji kopi luwak pasti akan tenggelam.